Langsung ke konten utama

Apa itu Fruktosa dan Apakah Buruk untuk Anda?

belajar arab, kursus bahasa arab, bahasa arab, belajar bahasa arab, cara belajar bahasa arab, tempat kursus bahasa arab, kosakata bahasa arab, kursus bahasa arab online, pelajaran bahasa arab, belajar bahasa arab cepat, cara mudah belajar bahasa arab, cara cepat belajar bahasa arab, belajar bahasa arab pemula, les bahasa arab


Sekilas
·         Fruktosa adalah zat pencerah manis yang secara alami terjadi pada buah-buahan, beberapa sayuran, madu dan tanaman lainnya. Ini juga disebut sebagai "gula buah".
·         Meskipun memiliki rumus kimia yang mirip dengan glukosa, glukosa adalah molekul vital bagi kehidupan, sedangkan fruktosa tidak.
·         Sukrosa, gula meja standar dan sirup jagung fruktosa tinggi semua menyediakan sebagian besar kalori yang kita konsumsi setiap hari.
·         Fruktosa dapat dianggap sama dengan Arya Stark dari Game Of Thrones - bagaimana bisa sesuatu yang begitu manis begitu buruk? Untungnya, fruktosa dari buah tidak buruk bagi Anda, bahaya sebenarnya berasal dari tambahan gula dan sirup jagung fruktosa tinggi. Buah adalah sumber fruktosa kecil dibandingkan dengan gula yang ditambahkan ini.

Untuk memahami mengapa fruktosa dapat berdampak buruk bagi Anda, pertama-tama kita harus melihat apa itu fruktosa, di mana kita dapat menemukannya dan bagaimana fruktosa dimetabolisme oleh tubuh. Duduklah, ambil apel, tetapi hindari minuman ringan bergula itu.

Apa Tepatnya Fruktosa?
Fruktosa adalah monosakarida atau sederhananya: gula tunggal. Ini adalah salah satu bentuk karbohidrat yang paling sederhana. Seperti istilah "mono" menunjukkan, itu hanya mengandung satu kelompok gula yang tidak dapat dipecah lebih jauh. Monosakarida lain yang paling umum adalah glukosa yang bila dikombinasikan dengan fruktosa membentuk sukrosa, suatu disakarida yang lebih dikenal sebagai gula meja atau gula putih.

ruktosa ditemukan dalam kelimpahan buah-buahan, madu dan getah sebagai cairan yang mengangkut nutrisi ke seluruh tanaman. Manisnya fruktosa memberi buah adalah apa yang membuatnya begitu menarik bagi selera banyak orang. Glukosa juga dapat ditemukan dalam buah tetapi dicerna oleh tubuh secara berbeda.

Asupan fruktosa tinggi telah dikaitkan dengan hati berlemak, tingkat trigliserida yang lebih tinggi, resistensi insulin dan obesitas. Antara 1977 dan 1978 konsumsi fruktosa rata-rata adalah 37 g / hari, tetapi ini meningkat menjadi 54,7 g / hari pada tahun 2008, mencapai 10,2 persen dari asupan kalori harian. (sumber) Kenaikan hampir 50 persen dalam 30 tahun telah membuat lonceng alarm berdering untuk gula alami yang telah dikonsumsi nenek moyang kita selama bertahun-tahun sebelum kita.

Glukosa dan fruktosa adalah karbohidrat penting yang sering disebut gula sederhana. Di situlah kemiripan berhenti. Glukosa sejauh ini yang paling penting dan merupakan sumber energi yang disukai tubuh.

Glukosa juga dikenal sebagai gula darah, karena bergerak di sekitar tubuh dalam darah dan bergantung pada enzim untuk memulai metabolisme. Sebagian besar karbohidrat yang Anda makan dipecah menjadi glukosa untuk digunakan langsung untuk energi atau disimpan di otot atau hati sebagai glikogen untuk digunakan nanti. Ketika kadar glukosa tinggi, tubuh memiliki sistem regulasi sendiri menggunakan insulin yang memungkinkan glukosa memasuki sel.

Sementara hampir setiap sel dalam tubuh dapat menggunakan glukosa untuk energi, hanya sel-sel hati yang dapat memetabolisme fruktosa. Fruktosa tidak merangsang produksi normal insulin atau hormon leptin seperti gula lain.

Terlalu Banyak Fruktosa Tidak Baik Bagi Lemak Tubuh Anda
Salah satu jenis produk metabolisme fruktosa di hati adalah trigliserida, sejenis lemak. Trigliserida dapat menumpuk di hati dan mengganggu fungsi hati. Ketika dilepaskan ke dalam darah, trigliserida dapat menambah lemak di dalam arteri, menciptakan penyumbatan yang menyebabkan serangan jantung dan stroke lebih jauh ke bawah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi fruktosa tingkat tinggi dapat meningkatkan trigliserida ke tingkat yang tidak sehat terutama ketika dikonsumsi sebagai fruktosa terkonsentrasi di banyak minuman ringan yang dimaniskan hanya dengan fruktosa. (sumber) Kebanyakan minuman energi dibuat dengan kombinasi gula di samping fruktosa yang membuatnya lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap glikogen yang diproduksi di hati.

Meskipun fruktosa adalah gula utama dalam buah-buahan, itu terjadi dalam jumlah yang relatif kecil karena diencerkan oleh serat tinggi dan kandungan air buah. Selain itu, serat alami yang ditemukan dalam buah utuh dapat membantu memperlambat penyerapan fruktosa ke dalam darah Anda.

Pemanis buatan sering tinggi fruktosa dan mengandung kalori kosong tidak seperti buah-buahan yang memiliki banyak nutrisi bermanfaat termasuk vitamin, mineral dan antioksidan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Pemanis Paling Sehat untuk Mengganti Gula dan Aspartam

Dengan semakin banyaknya asupan makanan yang diproses dengan gula selama beberapa dekade terakhir yang menyebabkan melonjaknya tingkat obesitas, diabetes dan penyakit jantung dan pemanis buatan yang terbukti berpotensi menjadi lebih buruk, apakah ada alternatif yang lebih baik?
Di depan adalah dua pemanis sehat yang dapat Anda gunakan untuk menggantikan gula meja dan pemanis buatan seperti aspartam. Baca juga:Apa yang ada di Soda dan Mengapa itu begitu Adiktif?
1. Pemanis Sehat: Madu Mentah Sebuah toples madu dengan stiker berjudul 'madu' dan gayung madu ditempatkan di dalamnya.
Madu telah digunakan selama ribuan tahun, bukan hanya karena rasanya yang manis, tetapi sebagai obat penyembuhan juga. Sebaiknya beli madu mentah jika mungkin yang belum dipanaskan. Pemanasan madu dapat menghancurkan beberapa enzim dan senyawa bermanfaat lainnya.
Sayangnya, sebagian besar madu biasa yang Anda temukan di supermarket memiliki banyak kualitas obat yang dipanaskan dan diproses dari itu. It…

Tubuh Anda Berpikir Itu Tidak Bisa Memiliki Terlalu Banyak Fruktosa

Tidak seperti makanan lain, fruktosa tidak memuaskan rasa lapar. Oleh karena itu, ketika seseorang makan makanan tinggi fruktosa, mereka terus makan bahkan jika mereka sudah mengkonsumsi lebih dari yang diperlukan. Asupan tinggi makanan kaya fruktosa dapat gagal menstimulasi tingkat produksi normal leptin. Baca juga:Belajar Bahasa Arab Di Al-Azhar pare
Leptin adalah hormon penting yang mengatur keseimbangan energi tubuh. Ketika kita memiliki energi yang cukup, tingkat leptin meningkat; Tingkat leptin turun ketika kita membutuhkan lebih banyak energi atau kalori. Ini adalah cara alami tubuh untuk memberi tahu kami kapan harus memulai atau berhenti makan. Tingkat produksi leptin yang lebih rendah dapat memiliki efek serius pada pengaturan asupan makanan dan lemak tubuh Anda. Saat mengonsumsi makanan kaya fruktosa, tubuh Anda tidak pernah mendapatkan sinyal “saya penuh” dari otak dan Anda terus makan berlebihan.
Fruktosa sebenarnya telah ditunjukkan untuk membuat Anda lebih lapar dalam s…